Pages

Thursday, September 1, 2016

Ibu, 3 kali derajatnya dibandingkan Ayah

Assalamualaikum. teman-teman semua apakah kalian semua sayang kepada orang, terutama kepada Ibu yang telah melahirkan dan merawat kita dengan kasih sayang???Marilah kita baca postingan ini.

Seperti yang telah kita tahu, bahwa kita tanpa orang tua, pasti kita tidak akan terlahir di dunia ini. Ya, lewat kedua orang tua kitalah, kita dilahirkan ke Dunia atas kehendak Allah SWT. Namun tahukah Anda bahwa derajat Ibu dan Ayah itu berbeda.Ya mungkin sebagian kalian ada yang tahu ada juga yang tidak. Ya hanya sekedar untuk berbagi saja.Bahwa dalam Islam itu derajat Ibu 3 derajatnya di atas ayah. Loh , kok, bisa. Ya, karena sudah ada bukti yang kuat bahwa derajat ibu 3 kali lipat dibanding derajat ayah, yaitu dalam sebuah hadist Rosulallah SAW :


عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ :يَا رَسُوْلَ اللهِ، مَنْ أَحَقُّ النَّاسِ بِحُسْنِ صَحَابَتِي؟
قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ، قَالَ أَبُوْكَ

Dari Abu Hurairah ra, beliau berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’. Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’. Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’. Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.’” (HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548)


Dari hadist tersebut, kita telah melihat sendiri bahwa Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wasallam telah dawuh bahwa kita harus berbakti kepada Ibu kita itu 3 kali lebih tinggi daripada ayah.

Kita lihat. kenapa kita harus berbakti kepada Ibu 3 kali lebih besar, lebih tinggi dari pada ayah. Ternyata itu semua dikarenakan bahwa Ibu kita telah menjaga kita selama kehamilan, terus melahirkan serta menyusui dan merawat kita, yang dimana ketiga hal tersebut hanya bisa dilakukan oleh seorang Ibu saja.



Oleh sebab itu, kita harus mencintai, menyayangi, menghormati dan berbakti kepada Ibu kita 3 kali lebih tinggi daipada ayah. karena Ibu kita telah menjaga, melahirkan dan memyusui serta merawat kita. Namun kita juga tetap harus mencintai, menyayangi, menghormati, dan berbakti kepada ayah juga, karena bagaimana pun ayah kita juga telah berperan penting akan kelangsungan hidup kita. Maka dari itu kita harus berbakti dan menghormati kepada kedua orangtua kita, dengan porsi Ibu 3 kali lebih banyak, lebih tinggi dari pada ayah. karena ingatlah selalu, 'ADIL ITU BUKANLAH RATA'.

No comments:

Post a Comment